Cari di Sini

Selasa, 18 Maret 2014

Cara Tradisional China Menyeduh Teh (Bagian 3)


Silahkan menikmati video ketiga dari serial video cara menyeduh teh secara tradisional di China. China sebagai negara dengan peradaban sejak ribuan tahun lalu mengenal teh sebagai salah satu herbal berkhasiat. Teh digunakan sebagai minuman sehari-hari yang sangat nikmat diseruput setiap hari. 

Ini adalah video oleh-oleh saat saya berkunjung ke Sichuan, China. Semoga video ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana tradisi minum teh itu berkembang sangat maju sejak ribuan tahun lalu di China. Dalam video itu terlihat bagaimana orang China menyajikan tehnya memiliki cara tersendiri yang khas. Ini merupakan jamuan minum teh untuk kaisar. 

Untuk mendapatkan rasa teh yang nikmat, suhu air dan kapan menuang teh ke dalam air panas memiliki aturan tersendiri. Bahkan cara tangan kita memegang gelas pun ada cara tersendiri. 

Teh di China disajikan tanpa gula. Jenis tehnya pun beragam, tidak hanya daun teh, tapi mereka juga mencampurkan berbagai herbal dan buah-buahan sehingga aroma tehnya pun beragam sesuai selera. Teh di China pun ada yang disimpan secara khusus sehingga dapat bertahan puluhan tahun. Semakin lama teh, maka rasa yang dihasilkan semakin lembut. 

Teh yang sudah berusia puluhan tahun harganya pun menjadi lebih mahal, bisa mencapai ratusan dan ribuan yuan untuk satu cakramnya. Ya, teh yang disimpan bertahun-tahun itu dibentuk menjadi seperti cakram atau piring terbang, dengan diameter sejengkal tangan. 

Video ini sangat panjang jadi saya bagi menjadi bagian (Part) 1, 2, 3, hingga 4. Silahkan lihat secara berurutan untuk menikmatinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar